Berlibur ke Pulau Pari

Berlibur ke Pulau Pari (Hemat ala Back Packer)

 Mengapa liburan ke Pulau Seribu (Pulau Pari)??

Bagi Anda warga Jabodetabek yang merasa jenuh dengan rutinitas kerja, butuh liburan ke Pantai untuk melepas penat, serta hanya memiliki waktu libur yang singkat weekend (2 hari), pergi ke Pulau Seribu merupakan pilihan yang tepat.

Banyak jasa travel (paket perjalanan) yang menawarkan wisata ke Pulau Seribu. Namun ketika Anda hanya memiliki budget yang pas-pasan atau sengaja ingin berhemat, ditambah hanya ada 1 atau2 teman yang kebetulan mau berlibur dengan Anda. Hal ini merupakan persoalan karena biaya paket ke Pulau seribu disesuaikan dengan jumlah peserta. Kecuali bila Anda nyaman bergabung dengan kelompok lain untuk mendapatkan paket yang murah, ini penuh ketidakpastian kapan waktunya bukan?

Tidak perlu kawatir atas kondisi tersebut, karena Anda tetap dapat berlibur menikmati indahnya Kepulauan Seribu, salah satunya Pulau Pari. Pulau Pari dipilih karena aksesnya mudah dengan transportasi umum (kapal Dishub), pasir putih yang indah dan cukup waktu menikmati seluruh wisata di Pulau Pari dengan waktu 2 hari 1 malam. Berikut cara berlibur ke Pulau Pari yang hemat namun tetap bermakna:

Kapal menuju Pulau Pari dari Pelabuhan Muara Angke (Muara Angke Port) berada di Jalan Dermaga Ujung, Jakarta Utara. Anda dapat menggunakan angkutan publik untuk mencapai pelabuhan ini. Bila Anda menggunakan kereta KRL, turun di stasiun kota, lalu naik transjakarta (rute stasiun Kota-Muara Angke) atau menggunakan Ojek online. Klik Muara Angke Port untuk mendapatkan lokasi pelabuhan di Google Maps. 

Naik Kapal dari Pelabuhan Muara Angke

 

Tiket kapal menuju Pulau Pari tersedia setiap hari, dengan jadwal keberangkatan pagi Hari. Anda dapat memilih ingin menggunakan kapal wisata (35 rb) atau kapal Kerapu milik Dinas Perhubungan (44 rb). Kapal wisata berangkat sekitar pukul 07.30, sedangkan kapal Kerapu Dishub berangkat pukul 08.00. Meski harga lebih mahal sedikit (selisih 9 ribu), lebih baik Anda menggunakan kapal Kerapu Dishub karena lebih cepat (45 menit perjalanan), sedangkan kapal wisata sekitar 2 jam. Kapal wisata adalah kapal yang akan Anda naiki ketika Anda ikut jasa travel paket wisata Pulau Pari.

Membeli Tiket di Pelabuhan Muara Angke

Ketika sampai di Pulau, Anda dapat langsung mengunjungi penginapan yang telah Anda booking. Namun bila belum, Anda dapat mengunjungi mess LIPI yang berada di sebelah barat Pulau Pari. Waktu tempuh jalan kaki santai sekitar 20 menit. Setelah melewati pinggir pantai dan rumah-rumah penduduk, Anda akan melewati udara sejuk dengan kiri kanan pepohonan seperti di hutan. Tidak perlu takut sepi karena jalur yang dilewati adalah jalur utama.

Biaya sewa 1 malam di mess LIPI adalah 75 ribu. Suasana yang relatif sepi dengan sejuknya pepohonan, mess ini adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin jauh dari keramaian. Fasilitas kamar yang tersedia yaitu AC, lemari, selimut, bantal, tempat jemuran dan kamar mandi di luar. Waktu penyewaan (chek-out) dihitung sampai pukul 12 keesokan harinya, berbeda dengan penginapan di masyarakat yang dihitung sampai pukul 09.00. Untuk mobilisasi selama di Pulau Pari, Anda hanya dapat menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Harga sewa sepeda selama 1 hari (sampai keesokan hari) yaitu 20 rb.

Mess LIPI, Pulau Pari

Aktivitas Pulau Pari

Setelah istirahat, siang hari Anda dapat melakukan snorkeling dengan sewa alat LIPI. 1 set peralatan snorkeling yaitu fins, kacamata google, dan jaket pelampung seharga 35.000. Untuk perahu, penjaga Mess dapat membantunya dengan harga 100 ribu. Anda akan diajak ke site snorkeling dengan kedalaman laut 4 s.d 6 meter. Disini Anda melihat terumbu karang, ikan warna-warni dengan ragam ukuran. Saat hendak snorkeling, sebaiknya Anda memakai fins karena ada karang tajam, yang dapat melukai kaki Anda.

Snorkeling di Pulau Pari

Sore hari Anda dapat menikmati pemandangan sun set di Dermaga LIPI. Jasa travel juga menawarkan site LIPI untuk pesertanya menikmati sun set. Bila Anda bermalam di mess LIPI maka Anda tidak dikenakan biaya masuk.

Salah satu site jasa travel paket wisata yaitu Pantai Bintang yang persis berada di depan ara LIPI. Anda dapat berjalan kaki sekitar 5 menit dari mess LIPI. Di Pantai Bintang,  Anda dapat menikmati asyiknya bersantai di hammock-hammok yang sudah terpasang, menikmati segarnya buah kelapa, dan berenang di laut atau sekedar bermain pasir di pantai.

Pantai Perawan juga merupakan salah satu site wajib yang Anda kunjungi. Genjotan santai  menggunakan sepeda sekitar 10 menit dari mess LIPI menuju Pantai Perawan. Pasir Putih yang menghampar, air laut yang jernih dengan ombak yang tenang, gugusan tumbuhan-tumbuhan Mangrove, sungguh pemandangan yang menyejukan. Adanya terumbu karang, lamun (tumbuhan laut) dan mangrove menjadikan ombak terpecah sehingga yang sampai di pantai menjadi ombak tenang.

Anda dapat memberikan dana seikhlasnya di kotak yang disediakan karena tidak ada tarif bagi pengunjung masuk Pantai Bintang, serta Pantai Perawan.

Saat malam hari, Anda dapat makan malam di warung-warung di area Pantai Perawan. Anda dapat memesan menu Ikan Bakan dan Cumi bakar, harga yang diberikan yaitu 100 ribu per kg, dengan minimal pesan setengah kg, nasi putih seharga 5 rb per piring. Sambil menunggu matang, Anda dapat menikmati teh hangat atau kopi (4 rb). Ketenangan air laut dan semilirnya angin pantai sambil menunggu makanan matang, waktu yang tepat untuk Anda berbagi cerita (mengobrol) dengan teman jalan Anda.

Ikan dan Cumi Bakar dengan Sambalnya

Pulang dari Pantai Perawan menuju mess LIPI, Anda dapat melipir ke Bukit Matahari terletak di ujung dermaga. Bukit Matahari juga salah satu site paket wisata Pulau Pari. Di sini Anda dapat menikmati angin laut dan pemandangan laut malam hari. Karena angin malam cukup kencang, sebaiknya Anda memakai jaket.

Pagi hari, Anda dapat membeli sarapan di warung-warung penduduk. Setelah pesan tiket kepulangan, Anda dapat kembali menuju Pantai Perawan untuk naik Perahu Kayu keliling gugusan Mangrove. Pagi hari adalah waktu yang tepat karena air sedang pasang sehingga Perahu tidak tersangkut. Perahu menggunakan dayung kayu, tidak menggunakan mesin. Waktu keliling gugusan Mangrove sekitar 20 menit. Jangan lewatkan untuk mengambil gambar saat Perahu memasuki diantara 2 mangr0ve, sensasinya seperti berada di Hutan Kalimantan atau Amazone.

Mangrove di Pantai Perawan, Pulau Pari

Kepulangan

Pagi hari Anda harus memesan tiket di kantor Dishub yang terletak di Dermaga P. Pari untuk membeli tiket menuju dermaga Muara Angke Port. Jadwal keberangkatan Kapal dari Dermaga Pulau Pari-ke Muara Angke Port pukul 1 atau 2 siang, namun lebih baik bila Anda sudah siap berangkat pukul setengah 1.

Pada akhir pekan, Kapal Catamaran-2 milik Dishub dioperasikan. Bila Anda tidak mendapatkan kapal Kerapu, Anda akan menggunakan kapal Catamara yang ruangannya ber-AC, serta waktu perjalanan juga singkat sekitar 50 menit.

Kapal Catamaran 2

Berada di Pelabuhan Muara Angke (Muara Angke Port), Anda dapat mampir ke Pasar Angke untuk membeli ikan-ikan segar. Dari pelabuhan ke pasar Anda cukup berjalan 5 menit.

Jadi tunggu apalagi, Pulau Pari di Pulau Seribu merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mau liburan ke pantai dengan hanya memiliki waktu singkat, ingin berhemat dan ingin leluasa untuk menentukan aktivitas di P. Pari. Total biaya untuk transport kapal, penginapan, snorkeling, makan, perahu, dan jajan makanan ringan sekitar 400 ribu. Selamat mencoba gaes…

Tentang dafidsuki

SDN Cijantung 07 Pagi, SMPN 103 Jakarta, SMAKBo (Analis Kimia) 2005, IPB (Manajemen) 2009, UNHAN (Disaster Management for National Security) 2014
Pos ini dipublikasikan di Catatan Perjalanan, Menulis Populer, Momen Kegiatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Berlibur ke Pulau Pari

  1. efraimmasarrang berkata:

    Bang ada nomor pnginapan disana gak??
    Tlong chat sy jika punya bang 081342043123

    Suka

  2. Aziz berkata:

    Mau juga dong bang no penginapan LIPI nya.. 081212128366, ditunggu ya WA nya. Thanks

    Suka

  3. Wulansyabelle berkata:

    Membantu bgt infonya, untuk yg blom pernah ke sana seperti saya. Trima kasih byk

    Suka

  4. Stevanus berkata:

    Bang mau tanya apakah kita bisa memilih mau naik kapal kerapu atau catamaran yg ber AC? Dan harga tiket apakah sama atau beda? Terimakasih

    Suka

  5. Maharani berkata:

    Mas boleh minta contact person wisma lipi…wa ya mas ke 0811969351…terima kasih

    Suka

  6. galangraka berkata:

    Halo pak, jika boleh berkenan bolehkah saya minta nomor pihak LIPI nya? Berikut nomor wa saya 08997627521

    Suka

Tinggalkan komentar